Mengintip Keseruan Syuting Webseries Jumpa, Maizura-Omara Esteghlal Adu Akting : Okezone Celebrity

WEBSERIES Jumpa mengajarkan anak muda agar mau melestarikan lingkungan sekaligus mengenali sejarah candi-candi di Indonesia. Bagaimana keseruan proses produksinya?

Untuk diketahui, webseries produksi Bakti Djarum Foundation (BLDF) dan Studio Antelope ini menggaet bintang muda Maizura dan Omara Esteghlal. Webseries bisa disaksikan mulai 13 Maret 2022, pukul 11.00 WIB di akun YouTube Siapdarling.


Sutradra Andrew Kose mengatakan, inspirasi webseries ini berawal dari isu lingkungan dengan kegiatan penanaman pohon di sekitar candi-candi di kawasan Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Anak muda sekarang perlu tahu sekaya apa warisan budaya Indonesia dengan hal-hal menyenangkan, salah satunya menonton webseries.

“Isu lingkungan ini penting duangkat dan penanaman pohon ini bagus, maka selama proses produksi saya cari pendekatan agar fun dan relatable dengan anak muda,” katanya saat konferensi pers, baru-baru ini.

Selama produksi syuting, tentu ada banyak kendala yang dihadapi sutradara juga para cast. Terutama soal pengambilan gambar di udara dingin atau tepatnya 13 derajat Celcius di ketinggian bukti kawasan Dieng yang lumayan menantang.

Tentunya selama proses produksi berlangsung, stamina para cast dan crew harus terjaga. Terlebih, syuting webseries ini dilakukan selama Januari 2022 yang merupakan puncak musim hujan.

“Banyak banget kendalanya, di sana udaranya sangat dingin, konsistensi cuaca dalam beberapa menit bisa berubah. Sering ambil gambar ulang lalu scene juga jadi banyak jadwal akting ulang, terutama saat outdoor.”

“Energi crew dan cast kita jaga banget, ada juga sehari di hari ke-4 misalnya nunggu hujan dan para crew harus bawa-bawa peralatan naik turun bukit dengan cuaca dingin, maka ini prosesnya tidak mudah,” ujarnya.

Sementara itu, para cast Jumpa juga berbagi suka duka selama proses syuting. Terlebih buat Maizura, pertama kali berkunjung ke Dieng dan ini tentu memberatkan dirinya.

“Ini jadi pengalaman baru buat aku, dari karakter sendiri, Adinda sosok yang hardworker juga selama syuting itu dingin banget, parah, maka aku menyiasatinya dengan pakai baju berlapis-lapis dan sering minum hangat,” ujar Maizura.

Tak jauh berbeda, Omara mengaku antusias selama menjalani proses syuting. Walaupun cuaca dingin, ternyata tak membuatnya merasa berat dan berhalangan.

“Aku dapat tawaran ini dan gak ada alasan untuk menolak karena tujuannya baik, yaitu mengangkat isu lingkungan dan sejarah. Menurutku eksplor Candi Arjuna ini menyenangkan banget, apalagi aku gak pernah belajar dan di sini banyak pembelajaran

“Aku juga makin kenal dengan warisan negara-negara kita. Aku akui dulunya sangat-sangat hebat dan sekarang bisa lebih hebat dan anak muda harus dorong terus ini,” lanjut dia.

Okezoners perlu tahu nih, Program Candi Darling ini juga melibatkan mahasiswa dari berbagai universitas atau yang disebut Darling Squad loh. Hingga saat ini, sudah ada 2.272 Darling Squad dari 171 kota dan 270 kampus seluruh Indonesia yang terdaftar sebagai sukarelawan untuk ikut menanam pohon bersama #SiapDarling lewat kegiatan Candi Darling yang diadakan sejak 2019.

“Aktivitas konservasi di warisan sejarah tetap diadaptasi secara daring melalui Candi Darling From Home,” ujar Tania Anggriani Arbi, Program Associate BLDF.

“Selanjutnya Gerakan #SiapDarling akan menanam lebih dari 5.600 bibit semak berbunga dan pohon, seperti pohon cemara pua dan kemuning di Kawasan Candi Dieng, antara lain Candi Arjuna, Candi Gatotkaca, Candi Darmacala, Candi Setyaki, dan Candi Bima. Semua bibit diambil dari Pusat Pembibitan Tanaman di Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah,” katanya.

We would like to give thanks to the author of this article for this remarkable content

Mengintip Keseruan Syuting Webseries Jumpa, Maizura-Omara Esteghlal Adu Akting : Okezone Celebrity

Travors